Friday 2 June 2017

Tantangan Komunikasi Produktif Kelas Bunda Sayang IIP : Day 3 "Cappuccino Dingin"



Selain kaidah 2C (Clear and Clarify), salah satu aspek penting dari komunikasi produktif lainnya adalah "Kaidah 7-38-55". Apa itu?

Menurut Albert Mehrabian, seorang professor psikologi dari UCLA yang terkenal akan publikasinya tentang "verbal and non-verbal message", aspek verbal (kata-kata) itu hanya 7% memberikan dampak pada hasil komunikasi. Justru komponen yang lebih berpengaruh adalah intonasi suara (38%) dan juga bahasa tubuh (55%).

Artinya sebaik apapun kata-kata atau nasihat pada pasangan namun disampaikan dengan intonasi suara dan bahasa tubuh (gesture) yang salah, maka komunikasi tersebut tidak akan menjadi produktif.

Pagi ini saat sahur, saat saya masih menyelesaikan shalat malam, terdengar suara gumaman kekesalan suami dari dapur. Begitu selesai shalat, saya datangilah suami.

Me: "Ada apa yang?"
Him: "Ini lho aku kesel, aku lagi buat white cappuccino eh malah aku masukin air dingin bukan air panasnya."
Me: "Ya udah, ganti aja lagi." (Maksudnya buat baru lagi aja)
Him: "Ini sachet terakhir yang.." *sambil wajah kesel

Nah kalau saya ikuti emosinya, saya bisa aja bilang, "Ya udahlah cuma gitu aja ga usah berlebihan reaksinya. Ngabisin energi aja. Lagian cappuccino yang biasa masih ada." Tapi itu tidak akan membuahkan hasil yang baik. Karena pasti kekesalan suami akan bertambah-tambah.

Kemudian saya tersenyum, mengusap punggung suami, kemudian bilang dengan lembut, "sabar ya.." :")

Alhamdulillah wajah suami langsung berubah dari kesal berangsur-angsur menjadi biasa lagi. Bahkan saya pun dibuatkan olehnya segelas milo hangat kesukaan saya. Alhamdulillah :")

Jadi benar ya, dalam komunikasi produktif kata-kata saja tidak cukup. Emosi kitalah yang paling utama. Kata Mba Okina Fitriani di dalam buku "The Power of Enlightening Parenting", emosi dan logika itu ibarat timbangan, jika emosi tinggi (berat ke bawah) maka logika akan rendah (ringan ke atas). Jadi kalau emosi, logika gak akan jalan. Maka selesaikan dulu emosi kita. Baru berkata-kata yang sesuai, dengan intonasi suara yang baik dan bahasa tubuh yang tepat.

Cappuccino dan Milo. Yang satu dingin, satu panas :D :D


#level1
#day3
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

No comments:

Post a Comment